Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) FK Unkhair Gelar Webinar Metodologi Penelitian

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) Fakultas Kedokteran Universitas Khairun bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK Unkhair menggelar webinar metodologi penelitian dengan tema “Memahami Konsep Dasar Metodologi Penelitian dan Penerapannya dalam Bidang Kedokteran” pada Kamis, 11 Agustus 2022 lalu secara daring melalui Zoom Meeting. Dalam sambutannya, Wakil Dekan III FK Unkhair, dr. Fera The, M.Kes, menyatakan bahwa pentingnya kompetensi metodologi penelitian sebagai acuan para mahasiswa untuk melakukan suatu penelitian ke depannya. ”Salah satu tujuan diadakannya kegiatan webinar ini dalam rangka membentuk karakter ilmuwan dan dapat menggali informasi terkait metodologi penelitian” ujarnya. Ketua HMPD FK Unkhair, Yudi Tahajudin, dalam sambutannya mengajak kepada semua hadirin untuk bersama menumbuhkan rasa keingintahuan dalam menghasilkan suatu karya dan dengan karya tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pembina HMPD FK Unkhair sekaligus Kaprodi Pendidikan Dokter, dr. Nur Upik En Masrika, M.Biomed. serta civitas akademika FK Unkhair. Selain itu, dosen dan mahasiswa FK universitas lain juga turut antusias dalam mengikuti webinar metodologi penelitian kali ini.

Webinar dipandu oleh Indira Sofis Uny selaku moderator yang juga merupakan peraih juara lomba MC tingkat Universitas Khairun. Dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh dr. Bumi Herman, Ph.D. Beliau merupakan dokter sekaligus scientist yang sedang melanjutkan kariernya di Thailand. Alumnus Doctor Of Philosophy In Public Health – Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand, ini banyak menorehkan publikasi ilmiah hingga ke publik internasional, salah satunya World Congress of Public Health Rome Italy pada tahun 2020. Beliau mengawali webinar dengan memberikan pemahaman mengenai tujuan dari penelitian, “Set Your Objective, Define Your Outcome, and Assess Your Population”.

 

Di akhir sesi webinar, Pemateri menyampaikan closing statement “Pastikan Anda tau arah, apa yang mau di-literality, serta dapat menjelaskan dengan jelas gambaran literality review, selanjutnya dapat memulai studi desain yang bagus” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.