Sambutan dari Dirjen Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI, Bapak dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes

Sosialisasi Optimalisasi Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) Untuk Meningkatkan Cakupan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Serta Pencegahan Covid-19 di Maluku Utara

Kegiatan soasialisasi ini diadakan oleh Tim Fakultas Kedokteran Universitas Khairun yang bekerjasama dengan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengangkat tema “Optimalisasi Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) Untuk Meningkatkan Cakupan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Serta Pengawasan Kepatuhan Protokol Kesehatan”. Sosialisasi ini merupakan bagian dari pendampingan kesehatan kerja dan penguatan pengawasan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19 di Provinsi Maluku Utara. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan virtual meeting zoom.

Kegiatan berlangsung selama dua hari yaitu pada hari Kamis s/d Jumat, tanggal 5 s/d 6 Agustus 2021. Kegiatan sosialisasi  dibuka oleh sambutan dari Dirjen Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI, Bapak dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes dan sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Khairun Ibu dr. Marhaeni Hasan, Sp.A, M.M. Setelah acara sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Pada hari pertama di berikan oleh narasumber Tim pelaksana dari FK Unkhair Ibu dr. Liasari Armaijn, M.Kes dengan judul “Rencana Pendampingan Kegiatan Kesehatan Kerja dan Olahrga serta Protokol Kesehatan di Kota / Kabupaten” dan narasumber dari pengelola program Kesehatan Kerja dan Olahraga (KESJAOR) Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara Ibu Nova, SKM dengan judul “Capaian  dan target, strategi dan kegiatan program Kesehatan Kerja dan Olahraga serta Protokol Kesehatan di Maluku Utara”. Kegiatan sosialisasi tentang Optimalisasi Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) Untuk Meningkatkan Cakupan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Serta Pengawasan Kepatuhan Protokol Kesehatan di lanjutkan pada hari kedua dengan narasumber dari KESJAOR KEMENKES RI Ibu Dewi Ratna Sari, SKM.,M.Si dengan judul “Pos UKK Lesson Learned Program Kesehatan Kerja dan Olahraga Provinsi Jawa Barat pada Era Pandemi”.

Salah satu materi dari dr. Liasari Armaijn, M.Kes
Salah satu materi dari dr. Liasari Armaijn, M.Kes

Dengan terselenggaranya kegiatan sossialisasi tentang Optimalisasi Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) Untuk Meningkatkan Cakupan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Serta Pengawasan Kepatuhan Protokol Kesehatan di Maluku Utara, dapat disimpulkan sesuai dengan harapan dan cita-cita kegiatan ini yaitu dapat menghasilkan kader kesehatan kerja, kesehatan olah raga dan protokol kesehatan Covid 19 di tiga kabupaten/kota sasaran dan menjadi Replikasi metode kegiatan di seluruh wilayah provinsi Maluku Utara.

Setelah kegiatan sosialisasi ini diadakan, selanjutnya akan dilakukan kegiatan Workshop Pendampingan Kegiatan Kesehatan Kerja dan Olahrga serta Protokol  Kesehatan di tiga Kota/Kabupaten sasaran yaitu Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.